Email, Fungsi Email dan Manfaat Email

Email, Fungsi Email dan Manfaat Email

Apa sih email itu? terus fungsi atau kegunaannya apa? manfaatnya buat kita apa?

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Selamat malam sobat, mungkin pertanyaan diatas sempat ada di benak sobat - sobat sekalian yang belum mengerti atau masih awam tentang email ataupun dunia internet. Tapi buat agan - agan yg udah mastah dibidang internet pasti sudah sangat paham dan familier dengan email ini.

Berikut saya akan sedikit menjelaskan kepada anda yg belum mengetahui tentang apa itu email. Email adalah kependekan dari Elektronic Mail, atau yang dalam bahasa indonesianya Surat Elektronik. Melalui email ini, kita dapat mengirim teks, gambar, suara, video, file, dll. Jaman dahulu mungkin kita masih sering mengirim surat melalui kantor pos (surat konvensional). Dimana kita harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit dan surat yang kita kirim pun tiba kepada orang yang kita tuju dalam waktu yang tidak sebentar. Lalu setelah berkembangnya jaman, surat konvensional digantikan oleh SMS (Short Message Service). Dengan SMS, kita memang bisa lebih menghemat biaya dan waktu. Tapi kelemahan SMS ialah terbatasnya jumlah karakter yang dapat kita kirim. Itupun kita tidak dapat mengirim gambar, suara ataupun video. Sekarang setelah adanya email kita bisa mengirim pesan dalam jumlah yang banyak dan karakter tidak terbatas. Video, lagu, gambar, rekaman, dll pun bisa kita kirim dengan Email. Apalagi di jaman sekarang, banyak guru ataupun dosen yang memberikan tugas kepada siswa / mahasiswanya untuk dikumpulkan melalui Email. Relasi kerja juga lebih mengharap kita dapat mengirim data, proposal ataupun laporan pekerjaan melalui Email. Jadi, rasa-rasanya email merupakan sebuah kebutuhan bagi kita semua di jaman teknologi informasi ini.

Selain manfaat yang telah disebutkan diatas, email juga berfungsi saat kita ingin mendaftar hosting dan domain yang gratis maupun berbayar. Juga untuk mendaftar di social media, social bookmark, forum dll seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Kaskus, Tumblr, dan masih banyak lagi lainnya.

Jadi kesimpulannya, Email adalah Elektronic Mail (Surat Elektronik)
Fungsi, Manfaat ataupun Kegunaan Email
1. Mengirim Surat (tentunya, hehe)
2. Mengirim data, file, video, foto, gambar, dll.
3. Mendaftar Forum, Media Sosial, berlangganan artikel, dsb.
4. Mendaftar Hosting atau domain gratis maupun berbayar.
Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan dari email, tapi karena keterbatasan penulis, penulis hanya bisa memberikan sedikit informasi kepada para pembaca / pengunjung blog ini. Semoga bermanfaat

Wassalamu'alaikum Wr.Wb



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at Friday, June 13, 2014 and have 0 comments

No comments:

Post a Comment